Sabtu, 10 April 2010

Natrium asetat

Mencoba untuk memberikan sedikit informasi mengenai natrium asetat, soalnya ada pertanyaan dari agung tentang keamanan dari mengkonsumsi natrium asetat di shoutmix.

Natrium asetat atau sodium asetat merupakan garam natrium dari asam asetat. Natrium asetat ini dapat digunakan sebagai bahan pengawet (www.gimdes.org), pada industri tekstil digunakan untuk menetralkan asam sulfat dari limbah dan digunakan juga sebagai buffer dengan asam klorida (wikipedia).


Senyawa ini bisa dihasilkan melalui eksperimen di laboratorium, reaksi antara asam asetat dengan natrium karbonat menghasilkan natrium asetat:

    CH3COOH + NaHCO3                  – → CH3COONa + H2O + CO2
    (asam asetat)  (natrium karbonat)         (natrium asetat)

Reaksi diatas sama dengan reaksi soda kue dan cuka (yang biasa kita kenal.). Secara teoritis 84 gram natrium bikarbonat bereaksi dengan 750 g cuka 8% menghasilkan 82 g natrium asetat, terlarut dalam air. Dengan mendidihkan air tersebut, didapatkan larutan pekat natrium asetat, atau kristal natrium asetat. (wikipedia).

Mungkin untuk saat ini hanya itu yang dapat saya sampaikan, mengenai keamanan dari mengkonsumsi natrium asetat ini masih belum mendapat informasi ambang batas yang diperbolehkan untuk digunakan dalam makanan. Pada dasarnya bahan kimia(yang dibolehkan) jika ditambahkan dalam makanan ada batasan maksimum penggunaannya dalam makanan (kecuali formalin dan boraks, menuruk saya tidak layak untuk digunakan dalam makanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar