Sabtu, 05 Desember 2009

Jenglot




Secara fisik, sosok jenglot menyerupai monster yang hidup, dengan bagian tubuhnya bisa berbentuk seperti tubuh manusia, ular atau ikan. Besar tubuh makluk mistis ini umumnya sekitar 15 cm dan panjangnya 15-16 cm serta memiliki kuku panjang.

Daging pada tubuhnya terlihat mengeras (seperti fosil), dengan rambut kusut yang panjang dan berwarna pirang. Mereka yang meyakini keberadaan jenglot sebagai makluk hidup, menilai bahwa rambut jenglot bisa tumbuh seperti halnya rambut manusia.

Kaki-kakinya menempel jadi satu sehingga tampak seperti kaki putri duyung, dengan tampilan wajah yang aneh dan cowong.

Jenglot diyakini banyak ditemukan di Indonesia, khususnya di Jawa. Kebanyakan ditemukan oleh paranormal setelah mereka menjalani upacara supranatural seperti semedi. Katanya, jenglot bisa ditemukan di bawah tanah, di atap rumah rusak yang tak dihuni atau di batang sebuah pohon besar.
Jenglot memakan darah, baik darah hewan (biasanya kambing) atau darah manusia.

Disebutkan, jenglot tidak langsung menghisap darah yang disajikan kepadanya. Pemilik jenglot biasanya menaruh makluk itu dekat semangkuk darah. Meski darah itu tak disentuhnya, tapi diyakini bahwa jenglot bisa menyerap kandungan gizi darah itu dengan caranya sendiri.

Di Indonesia, terutama di Jawa dan Sumatra, sudah berkali-kali diadakan acara pameran jenglot, dan biasanya makluk itu ditempatkan dalam sebuah kotak kaca untuk dipertontonkan guna mendapatkan imbalan.
Jenglot juga bisa jadi koleksi pribadi para peminat supranatural. Meski demikian, pernah terjadi pula bahwa jenglot yang dipamerkan ternyata palsu. Dia hanyalah seekor monyet atau ikan yang dirias atau diberi aksesori dan pernak-pernik hiasan sedemikian rupa sehingga menyerupai jenglot.
Sejauh ini, belum banyak penelitian tentang contoh-contoh jenglot yang pernah ditampilkan. Namun, bagi sebagian masyarakat Jawa dan Sumatra, makluk itu sudah terlanjur dipercaya sebagai mitos yang nyata adanya. Hanya saja, jenglot diyakini bukan makluk hidup yang sesungguhnya, melainkan makluk mati yang dihidupkan kembali dengan tenaga supranatural.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar